Jangan Takut Investasi, Simak 7 Cara Main Saham Yang Cocok Untuk Investor Pemula

Di Indonesia, pembelian saham harus dilakukan atas kelipatan a hundred lembar atau disebut juga dengan 1 lot. Memang, saham itu produk investasi paling menguntungkan dibanding produk keuangan lainnya seperti deposito, reksadana, dan obligasi, atau produk komoditas seperti emas, tanah, bahkan forex. Bayangkan dalam kurun waktu 10 tahun IHSG kita menghasilkan imbal hasil sebesar 398%, tertinggi di dunia. Menurut Pakar Properti Panangian Simanungkalit, investasi properti pasti lebih menguntungkan dibandingkan investasi saham khususnya saat situasi krisis.

Biasanya likuiditas ini dipengaruhi oleh jumlah saham yang dimiliki publik atau beredar di bursa. Makin banyak kepemilikan saham publik, maka makin likuid pula saham tersebut. Saham yang masuk ke dalam kategori Blue Chip biasanya juga telah sudah cukup lama lama terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan jangka waktu minimal lima tahun. “Membuka usaha demikian juga harus dipertimbangkan jenis usaha yang sesuai dengan minat, banyak dibutuhkan orang, jangkauan yang luas, kapan bisa BEP, potensi kerugian,” ujarnya. Hal ini sangat wajar terjadi, karena dalam satu lot saham akan dikenakan dengan harga kurang dari 10 ribu rupiah.

Berikut ideas penting terkait persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli saham dan apa yang harus dilakukan ketika sudah memulai investasi. Membuat rekening saham bisa juga dilakukan melalui aplikasi perusahaan sekuritas yang Anda pilih dan umumnya kini Anda hanya men-scan atau foto dokumen saja, tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Tak ingin salah langkah, dia pun mulai menganalisa pasar dan tidak langsung berinvestasi dengan uang besar. Hingga hampir 5 tahun berinvestasi saham dia pun mendapatkan keuntungan hampir Rp 1 miliar per bulan, tentu dengan selalu melakukan high up atau penambahan modal. Pemilik situs Ilmusaham.com ini mulai berinvestasi saham sejak tahun 2014 dengan modal awal Rp 12 juta.

Menariknya lagi beberapa sekuritas susah memberikan fasilitas mencicil. Hal ini sangat berguna bagi pemula seperti Anda yang tidak punya modal sama sekali. RDI adalah rekening di financial institution atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas . Contoh bank yang memfasilitasi RDI adalah BCA, Ceme BCA Syariah, Mandiri, CIMB dan Permata. Counter Cyclical Stockss, yaitu saham yang tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro atau situasi bisnis secara umum. Nilai saham ini dapat tetap tinggi selama resesi ekonomi karena emitennya dapat memperoleh penghasilan tinggi sehingga mereka dapat memberikan dividen yang tinggi.

Selamat mencoba dan semoga tips belajar saham untuk pemula tadi bisa memberimu cuan terus. Itulah serba serbi seputar cara bermain saham yang pas buat pemula. Meski kita menyebutnya sebagai cara bermain saham yang aman, namun tentu makna di baliknya bukan secara harfiah ya, melainkan tetap dibutuhkan keseriusan untuk menjalaninya. Ada juga yang melakukan profit taking alias menjual sahamnya ketika sudah untung 1 atau 2 persen saja. Akan tetapi, untung dengan persentase segitu saja sudah “berasa”, karena mereka menggunakan modal yang sangat besar. Asal kamu tahu, sejak pertama kali melakukan IPO , kenaikan harga saham BCA mencapai 14 ribu persen!

Namun, alangkah baiknya apabila kamu menjual saham tersebut ketika harganya lebih tinggi dibandingkan ketika kamu membelinya, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan. Pembelian setidaknya harus 1 lot atau yang terdiri dari a hundred lembar saham, sehingga kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus yang cukup untuk membeli 1 lot. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membeli saham, yaitu dengan melalui broker ataupun on-line.

Investasi pasar saham mengubah nilai secara independen dari jenis investasi lain, sepertiobligasi dan properti. Tapi, dibalik imbah hasil yang tinggi, bayangan risiko yang mengikuti investasi saham juga cukup tinggi. Sebagai calon investor, sebelum Anda memutuskan untuk menanamkan dana di pasar modal dan bermain saham, ada hal mendasar yang harus dipahami. Yakni kemauan untuk belajar tentang cara investasi saham dan mengenali tipe profil resiko investasi Anda.

Deposit dana di rekening saham dengan minimal nominal yang telah ditentukan. Di sini, kamu pun bisa menemukan karakter investor saham seperti apa yang pas buat dirimu. Tips ketujuh cara bermain saham ini gak serta merta manjur ya, kamu harus tetap mempertimbangkan berbagai aspek agar gak salah langkah. Dengan kata lain, cara kamu bermain saham di sini butuh analisis lebih lanjut ya. Sebab justru di saat harga sedang turun itu kamu perlu membeli karena harganya akan naik kembali di kemudian hari. Tapi di sisi lain, investor juga bisa meraup keuntungan hingga 20 persen atau lebih selama satu tahun berkat saham.

Mereka akan membeli saham perusahaan dengan fundamental kuat saat harganya di pasar turun, lalu baru menjualnya saat harga lebih tinggi. Kuncinya, jangan mengambil keputusan ekstrim saat kondisi pasar sedang bullish . Nah, untuk kenyamanan investasi sahammu, tetaplah setia menggunakan platform IPOTSTOCK yang hadir dengan teknologi instruments modern untuk mengatur return terbaik sahammu.

Dibandingkan dengan negara-negara maju, minat masyarakat Indonesia akan dunia investasi memang masih terbilang rendah. Rendahnya minat berinvestasi di Indonesia ini tidak terlepas dari banyaknya kalangan masyarakat yang masih berpendapat bahwa investasi hanya untuk orang-orang kaya saja. Kesepakatan itu dilakukan untuk membeli 20 persen saham divestasi PTVI. Obligasi atau surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun institusi negara bisa kamu jadikan sebagai investasi. Dalam kurun waktu umumnya 1 sampai 10 tahun kamu akan mendapatkan seluruh uang yang sudah dikeluarkan beserta keuntungannya dalam bentuk bunga.