Benarkah Vaksin China Sinovac Mengandung Babi Dan Racun Berbahaya?

Termasuk, harus mengaborsi janin, sebagaimana isu hoaks yang kencang berhembus. ” Meskipun ada sel vero, tapi sudah dibersihkan. Tripsin dan serum darahnya juga dibersihkan dan dinetralisasi. Jadi, sel vero akan terbuang dan tidak ada lagi di produk akhir. Produk akhirnya adalah virus murni,” tegasnya. ” Jadi tidak diambil langsung dari monyet, tapi sudah dikembangbiakan di luar dan sudah distandardisasi WHO. kalau perusahaan mau kembangin vaksin dengan sel vero maka harus beli dari WHO,” lanjutnya.

Tetaplah berdisiplin dalam menaati protokol kesehatan dan jangan lelah memakai masker. Karena vaksinasi meningkatkan kekebalan tubuh tetapi corona yang ada di luar sana makin bermutasi dan mengganas. Jangan ada yang ikut-ikutan kaum antivaks yang menyebalkan, yang percaya bahwa segala vaksin itu berbahaya. Justru jika tidak disuntik vaksin akan berbahaya karena menyebabkan tubuh mudah terkena corona. Masyarakat diminta untuk menaatinya, karena ini adalah kunci penting dalam mengatasi pandemi. Namun walau sudah disuntik vaksin, tetaplah menaati protokol kesehatan, agar tidak terkena keganasan corona.

VIVA – Badan Pengawas Obat dan Makanan telah mengeluarkan izin edar darurat vaksin COVID-19 dari Sinovac. Dengan demikian, izin BPOM ini melengkapi fatwa halal yang telah dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia. Untuk memastikan vaksin tersebut menggunakan bahan yang suci dan halal sesuai yang diperintahkan Islam, kata Aminudin, ada lima hal yang dikaji oleh MUI. Untuk menjawab hoaks yang beredar di masyarakat, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Drs H Aminudin Yakub menjelaskan bagaimana pihaknya melakukan audit langsung ke China sebelum sertifikasi halal pada vaksin Sinovac, pada Oktober 2020 lalu. Onsite audit dilakukan mulai dari upstream production hingga downstream production. Lini cell bermula dari sel vero yang berasal dari WHO yang dikembangkan dari parently/primely cell menjadi grasp cell lalu menjadi working cell.

Namun belakangan, pihak AstraZeneca membantah vaksin Corona mereka mengandung unsur babi. Disusul pernyataan vaksin yang sudah digunakan di sejumlah negara muslim seperti Arab Saudi hingga Kuwait. Jakarta (ANTARA/JACX) – Vaksin Sinovac, yang dikembangkan untuk menangkal COVID-19 akibat virus SARS-Cov-2, mengandung babi, demikian pesan yang beredar di berbagai media jejaring sosial. Dalam tahap engineering GMP , menurut Ahmad, enzim tripsin babi digunakan untuk membuat pakan bakteri. Tripsin babi banyak disebut-sebut dalam kaitannya dengan produksi vaksin, khususnya vaksin AstraZeneca. Solopos,com, JAKARTA — Majelis Ulama Indonesia menyebut vaksin AstraZeneca buatan Inggris mengandung babi.

Bio Farma dipandang telah memenuhi ketentuan pencucian secara syar’i (tathhir syar’i). Selain itu, tidak pula digunakan bahan yang bersumber dari unsur tubuh manusia (juz’un min al-Insan). Namun demikian, ditemukan fakta bahwa di media pertumbuhan digunakan unsur dari hewan yaitu berupa sel vero yang berasal dari sel yang diambil dari ginjal kera hijau di Afrika.

Apakah penggunaan fasilitas produksi tersebut dilakukan bukan hanya untuk produksi vaksin Covid-19. Artinya adakah produk vaksin lain yang menggunakan fasilitas produksi yang sama dengan produk vaksin Covid-19 ? Jika Ya, apakah menggunakan bahan yang bersumber dari babi dan bagaimana proses pencucian fasilitas produksi jika pernah juga digunakan untuk memproduksi vaksin lain yang menggunakan bahan dari babi dan/atau turunannya. Dalam proses produksi dari primely cell hingga ke working cell menggunakan media dari berbagai bahan baik bahan kimiawi sintetik hingga bahan yang sumbernya dari hewan.

Dengan saling menghormati dan menghargai apapun sikap dan keputusan yang diambil, hidup ini menjadi indah dan nyaman. Kalau sudah tercipta lingkungan yang indah dan nyaman, kekebalan tubuh akan cepat terbentuk melindungi tubuh. Dengan demikian target tercapainya herd immunity bisa lebih cepat tercapai.

Vaksin Sinovac babi

Jadi, berita yang beredar kalau Indonesia merupakan kelinci percobaan untuk vaksin Sinovac merupakan hoaks. “Israel merupakan salah satu negara pertama yang akan bebas dari covid-19 karena cakupan vaksin mereka yang sangat tinggi. Israel memakai vaksin Pfizer-BioNTech dengan efficacy 92 persen,” ujar Nanung. Nanung mengatakan, sampai saat ini tidak ada negara yang melarang imunisasi dan semua berusaha meningkatkan cakupan imunisasi lebih dari ninety persen. Ia menilai, ilmuwan yang sering dikutip pendapatnya selama ini bukan seorang ahli vaksin.

Akhirnya, cawan akan penuh dan sel bisa mati atau tidak dapat berkembang. Untuk melepas sel tersebut, dibutuhkan tripsin, alias enzim yang diekstrak dari pankreas hewan . AstraZenecadapat digunakan di Indonesia dan mengantongi izin penggunaan darurat .

Sudah menjadi pengetahuan publik bahwa dalam proses produksi vaksin terdapat kemungkinan penggunaan unsur yang bersumber dari babi sebagai media dalam proses produksi vaksin. Terkait Kehalalan Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac, MUI sudah mengeluarkan Fatwa No. 02 Tahun 2021 yang memutuskan bahwa Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac adalah Halal dan Suci. Sebagai informasi, tripsin yang disebut MUI digunakan dalam proses pembuatan vaksin AstraZeneca, adalah getah perut yang dibawa oleh aliran darah ke pankreas, merupakan unsur yang penting dalam pencernaan. Selain pada tahap penyiapan inang, zat mengandung babi juga dipakai pada penyiapan bibit vaksin rekombinan. Tidak hanya babi, vaksin Sinovac juga tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia. Meskipun vaksin mengandung unsur najis, tetapi sudah dilakukan penyucian dengan syar’i.